MIMPI SUZUKI NAIK PODIUM MOTOGP…MENJADI NYATA!!!

team-suzuki-merayankan-kemenangan-vinal-ez-di-motogp-inggris-2016

MIMPI SUZUKI NAIK PODIUM MOTOGP…MENJADI NYATA!!!

Sudah 3 musim terhitung sejak dari tahun 2011 lalu suzuki absen dari dunia balap level atas dunia MOTOGP. Banyaknya masalah yang dihadapi oleh Suzuki khususnya masalah financial membuat kubu Suzuki memutuskan untuk mundur sementara dari dunia balap MOTOGP.

Dan setelah semua masalah tersebut berhasil pihak suzuki atasi maka terhitung sejak tahun 2015 lalu Suzuki memutuskan untuk kembali berkiprah dalam kancah dunia balap kelas dunia MOTOGP dengan mengusung nama baru yaitu Suzuki Ecstar ( Ecstar merupakan nama oli produksi Suzuki ); bahkan bukan hanya sekedar kembali tetapi Suzuki bertekad meraih mimpi untuk bisa naik podium motogp.

suzuki-gsx-rr-silinder-sejajar

SUZUKI GSX-RR

Demi mimpi ambisius itu maka pihak Suzuki mengerahkan semua insinyur-insinyur terbaiknya untuk meningkatkan kemampuan dan kecepatan motornya yang akan dipakai di ajang balap tersebut yaitu SUZUKI GSX-RR.

Berbagai macam perubahan dan perbaikan pun dilakukan terutama dibagian mesin, Kalau sebelumnya Suzuki menggunakan motor dengan mesin 4 silinder berkonfigurasi V yang diaplikasikan pada motor Suzuki GSV-RR maka pada balapan MOTOGP kali ini Suzuki akan menggunakan motor dengan mesin 4 silinder sejajar alias inline yang diaplikasin pada motor andalannya saat ini yaitu Suzuki GSX-RR, perubahan mesin ini sengaja dilakukan oleh pihak Suzuki agar manuver mesin bisa lebih “garang” saat bermanuver sebagaimana yang dijelaskan oleh project leader Suzuki GSV-RR Mr.Satoru Terada “V engine atau inline sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Memang, agak sulit mencari geometri yang tepat untuk mesin inline. Tapi, sekali dapat geometrinya akan lebih baik manuvernya dibanding V engine.” Ujarnya.

suzuki-gsx-rr-swing-armPerubahan lain yang dilakukan oleh para insinyur suzuki adalah perubahan pada bagian swing arms, insinyur Suzuki menambahkan dimensi swing arm menjadi lebih panjang supaya motor menjadi lebih stabil saat akselerasi.

suzuki-gsx-rr-knalpot

Begitu pula dengan bagian knalpot di tambah lebih panjang dan dibengkokkan di bagian ujungnya supaya power menengahnya bisa ditingkatkan.

team-suzuki-ecstar-motogp-maverick-vinales-aleix-espargaro_20160308_215811-485x300



Selain melakukan perbaikan dan peningkatan dari sisi motor tunggangan; pihak Suzuki juga akan menggunakan pembalap-pembalap handal yang memiliki talenta luar biasa yang bakal mengendarai motor GSX-RR termutakhir ini.Lalu Siapa saja pembalap yang diandalkan Suzuki? Musim ini, Suzuki bakal gunakan jasa juara kategori open class musim lalu, Aleix Espargaro. Dia bakal disandingkan dengan pembalap muda Maverick Vinales. Bahkan nama terakhir yaitu Maverick Vinalez adalah pembalap muda yang mendapatkan gelar ‘Rookie of the Year’ musim lalu dan telah menjadi topik diskusi yang hangat terkait talenta nya yang luar biasa dan diprediksi akan menjadi seorang pembalap yang besar seperti idolanya Marc Marquez.

Dan alhasil; setelah semua kerja keras perbaikan dan peningkatan serta pemilihan pembalap yang tepat itu selesai dilakukan akhirnya Suzuki bisa berbangga diri dan berpuas hati setelah pembalap andalannya Maverick Vinales berhasil naik podium 1 pada Balapan Seri 12 MotoGP 2016 di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9) malam.

res-maverick-vinales-motogp-silverstone-inggris-tikungan-presssuzuki-racing

Ini merupakan kemenangan pertama Vinales di kelas bergengsi dan sekaligus kemenangan pertama bagi Suzuki setelah yang terakhir dicatat lewat Chris Vermeulen di Sirkuit Le Mans pada 2007.

Vinales yang start di posisi tiga di belakang Cal Crutchlow dan Valentino Rossi, unggul atas Crutchlow yang finis di posisi dua dan Rossi yang meraih podium ketiga.

Saat race dimulai dan belum menyelesaikan satu lap, terjadi insiden antara Pol Espargaro dan Loris Baz. Bendera merah (red flags) pun dikibarkan tanda balapan dihentikan sementara.

Saat balapan diulang (restart), Crutchlow, Rossi, dan Vinales, plus Marquez langsung terlibat persaingan ketat. Mereka saling susul di lap-lap awal.

Akhirnya Vinales berhasil melesat di depan sendirian, tanpa saingan berarti dari rider lain di belakangnya hingga finis. Pebalap asal Spanyol ini pun sukses meraih kemenangan pertama sepanjang kariernya di MotoGP.

Hasil Lengkap MotoGP Silverstone Inggris 2016

  1. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 39m 3.559s
    2. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 39m 7.039s
    3. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 39m 7.622s
    4. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 39m 9.551s
    5. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 39m 9.940s
    6. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 39m 15.862s
    7. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 39m 20.231s
    8. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 39m 22.991s
    9. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 39m 29.177s
    10. Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 39m 35.643s
    11. Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 39m 39.690s
    12. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 39m 42.689s
    13. Alex Lowes GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 39m 43.702s
    14. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 39m 44.915s
    15. Tito Rabat ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V)* 39m 45.502s
    16. Jack Miller AUS Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 39m 51.169s
    17. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 40m 59.736s

Akhirnya Suzuki bisa mewujudkan mimpi besarnya untuk dapat “diperhitungkan” kembali dalam kancah balapan dunia dan untuk meraih level tertinggi dengan menaiki podium kemenangan motogp.

Bravo Suzuki! Bravo Vinalez!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *